Di artikel kali ini akan diulas seputar kain jersey yang saat ini sedang banyak di gunakan sebagai bahan pembuatan jilbab instan atau jilbab model lainnya. Kenapa sih kain Jersey begitu digemari, simak terus artikel ini ya.. Kain Jersey adalah tekstil rajutan yang dibuat dari full katun / katun dan campuran sintetis atau serat yang dibuat oleh manusia. Bahan rajutan ini memiliki sisi kanan dan sisi yang salah, sisi kanan bahan ditandai oleh serangkaian garis yang sangat kecil yang berjalan secara vertikal dan sisi yang salah memiliki garis horisontal.

Ketika menjahit dicuci dahulu terutama bahan yang terbuat dari kapas. Rajutan cenderung menyusut jika di cuci. Penjahit sebagian menggunakan jahitan ganda/ jahitan overlock pada kain jersey untuk mencegah penguraian.

Secara garis besar berikut sifat dari kain jersey.

1. Elastis yaitu bisa ditarik dan akan kembali kebentuk semula. Elastisitas dua arah. Bisa merenggang sampai 25%,

2. Halus, sehingga nyaman jika langsung bersentuhan dengan kulit,

3. Tidak berbulu,

4. Hangat, bahan tebal tidak nerawang,

5. Fleksible dan kainnya jatuh.

Kain jersey memiliki beberapa jenis yang memiliki sifat yang berbeda – beda. Sebagai contohnya adalah hyget super, serena, dry fit.

Hyget super : mempunyai struktur yang padat dan rapi, biasa digunakan untuk kaos olahraga

Jersey serena: stretch yang tinggi dan mudah dalam pencucian dan tanpa perawatan khusus . Kain jersey ini biasanya digunakan untuk bahan kaos futsal maupun sepak bola, badminton.

Untuk melakukan perawatan kain jersey relatif mudah, sebagai tips mencuci bahan jersey : jangan menggunakan mesin cuci dengan putaran yang tinggi karena bisa mempengaruhi kualitas bahan maupun merusak bahan, dan gunakanlah detergen untuk mesin cuci. Setrika secara berlebihan tidak dianjurkan dalam merawat kain ini.